Pages

Wednesday, October 29, 2014

Sumpah Pemuda Itu....

Menurut kamu... Sumpah Pemuda itu.... ?

"...janji pemuda..."
"...upacara..."
"...28 Oktober..."
"...persatuan pemuda..."
"...ikrar pemuda..."   dst...

Itulah beberapa jawaban remaja ketika ditanya makna Sumpah Pemuda dalam sebuah acara talkshow interaktif di Radio Suara Edukasi, bertema Sumpah Pemuda. Ya...pada 28 Oktober...tepatnya 86 tahun yang lalu, para pemuda Indonesia mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.. Indonesia!!



Sumpah Pemuda 
Pertama  :  Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
Kedua    :  Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketika    :  Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Kala itu terdapat gerakan pemuda Tri Koro Darmo, Jong Java, Jong Celebes Bond, Jong Sumatra Bond, Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia, dan Indonesia Muda. Pada tanggal 30 April 1926 mereka mengadakan Konggres Pemuda I di Jakarta. Dalam konggres dihasilkan keputusan untuk mengadakan Konggres Pemuda Indonesia II, dan semua perkumpulan pemuda agar bersatu dalam satu organisasi pemuda Indonesia. 

Kemudian Konggres Pemuda II diadakan tanggal 27-28 Oktober 1928, disepakati tiga keputasan pokok yaitu: 1) Dibentuknya suatu badan fusi untuk semua organisasi pemuda. 2) Menentapkan ikrar pemuda Indonesia bahwa mereka: a) Mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. b) Mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. c) Menjunjung bahasa yang satu, bahasa Indonesia. 3) Asas ini wajib dipakai oleh semua perkumpulan di Indonesia. Hasil ini menjadi pondasi bagi persatuan Indonesia. Lagu yang berjudul Indonesia Raya karangan Wage Rudolf Supratman yang dikumandangkan membangkitkan semangat para pesertanya. Dan Sumpah Pemuda tiada lain adalah ungkapan sejarah manusia Indonesia. 

Menjadi Pemuda Indonesia, Aku Bangga!!!


sumber : 
-       Yayasan Gedung-gedung Bersejarah Jakarta. 1979. Bunga Rampai Sumpah Pemuda. Jakarta: Balai   Pustaka.
-       http://www.museumsumpahpemuda.com/beranda.php?module=detailsejarah&id=33


No comments:

Post a Comment